Menilik Cerita Misterius di Goa Sanghyang Tikoro

goa sanghyang tikoro, tour bandung, wisata bandung

Menilik Cerita Misterius di Goa Sanghyang Tikoro. Bandung memang memiliki sejumlah wisata menarik untuk dikunjungi. Namun berbeda halnya dengan tempat yang satu ini. Kawasan yang tertutup dan berada dikawasan pedalaman hutan membuatnya menjadi semakin misterius.

Apalagi ditambah dengan kabar bahwa setiap malam kamis atau jumat kliwon seringkali ada orang yang bersemedi ditengah mulut goa tersebut. Karenanya goa ini tidak pernah dikunjungi ataupun menjadi destinasi wisata para wisatawan lokal maupun asing. Tempat inilah yang kini bernama Sanghyang Tikoro.

Sanghyang Tikoro ini merupakan goa yang terdapat dibelantara hutan di Bandung. Tempat ini sebenarnya sebuah aliran sungai yang memasuki sebuah goa.

Namun dalam perkembangan asal usulnya, goa ini sering dikaitkan dengan hal – hal misterius. Kita mulai dari asal usul nama Goa Sanghyang Tikoro. Yang dalam bahasa sunda Sanghyang berarti “dewa” dan Tikoro berarti “tenggorokan”.

Konon katanya goa ini merupakan tempat masuknya semua air dari wilayah Bandung. Mengapa begitu ? karena pada saat itu Bandung merupakan sebuah wilayah yang tidak berpenghuni. Bandung yang berada di antara cekungan gunung ini adalah sebuah danau beda yang hingga saat ini sejarahnya masih menyimpan misteri.

>> Baca juga : Wana Wisata Kawasan Hutan di Lembang

Danau ini pun disebut dengan Danau Bandung Purba, yang letaknya persis ditengah kota Bandung. Karena adanya satu dua hal, air yang ada di Bandung Purba ini lenyap dan mengalir ke Goa Sanghyang Tikoro. Dan awal mula sejarah peradaban suku sunda yang hingga saat ini mendiami Kota Bandung dan sekitarnya.

Namun secara geologis, Goa Sanghyang Tikoro ini terbentuk akibat letusan Gunung Sunda yang terjadi beberapa ratus tahun yang lalu. Gunung ini menyisakan sejumlah lekukan kelukan tanah yang kemudian dialiri lahar dingin oleh campuran air. Maka tak lama kemudian terbentuklah Goa Sanghyang Tikoro ini.

Namun dibalik cerita misterius itu, Goa Sanghyang Tikoro menyimpan banyak keindahan didalamnya.

Ketika memasuki areal wisata ini anda akan menjumpai sebuah goa dengan struktur goa yang pendek dibandingkan dengan goa lainnya. Goa ini berada diatas aliran sungai yang memiliki aliran air yang tidak terlalu kencang.

Tebing goa ini sendiri ditumbuhi tanaman liar yang menambah kesan alami dari pembentukannya. Selain itu banyak pepohonan hijau yang melengkapi keindahan goa ini.

Nah… Bagi anda yang ingin berwisata ke Goa Sanghyang Tikoro, bisa datang ke Jalan PLTA Saguling, Rajamandala Kulon, Cipatat, Bandung Barat.

>> Info wisata : Paket Wisata Bandung 2 Hari 1 Malam

Tinggalkan komentar